Karena Allah kami nyanyikan puji-pujian sepanjang hari,
dan bagi nama-Mu kami mengucapkan syukur selama-lamanya.
Mzm. 44:9
Gerak:
  1. Tepuk Tangan
    1. Menyanyi sambil bertepuk tangan, sebentar tepuk tangan di belakang, lalu di atas, di bawah, di samping, di depan, dll.
    2. Bertepuk tangan keras dan pelan, cepat dan lambat.
    3. Bertepuk tangan sekali atau dua kali atau tiga kali di akhir kalimat.
  2. Tuhan di Dalam dan di Luarku
    1. Pada mulanya suruhlah anak-anak menghadap sesuai dengan kata-kata dalam lagu.
    2. Setelah anak-anak mulai hafal, ubahlah urutannya. Anak-anak harus sigap menghadap arah yang disebutkan pemimpin pujian.
  3. Panjang Lebar, Tinggi, Dalam
    1. Lagunya adalah ‘Panjang dan lebar (2X) kasih Tuhan panjang dan lebar’
    2. Gantilah kata-kata ‘panjang dan lebar’ dengan ‘tinggi dan dalam’.
    3. Gembala Anak yang menyanyi sambil mengacak kata-katanya, mis:
      • Tinggi dan lebar
      • Panjang dan dalam
    4. Anak-anak harus mengikuti nyanyian Gembala Anak dengan gerakan yang sesuai.
    5. Gerakan :
      • Panjang (tangan direntangkan, satu tangan ke depan, satu tangan ke belakang)
      • Lebar (tangan direntangkan, satu tangan ke kiri, satu ke kanan)
      • Tinggi (kedua tangan ke atas setinggi mungkin)
      • Dalam (kedua telapak tangan menyentuh lantai)
  4. Pemimpin Misterius
    1. Mintalah anak-anak duduk bersila di lantai dalam bentuk lingkaran. Minta salah satu anak untuk keluar ruangan selama kira-kira 2 menit. Kemudian pilihlah seorang anak dari antara anak-anak yang ada dalam ruangan untuk menjadi pemimpin misterius.
    2. Minta anak-anak untuk mengikuti apa yang dilakukan oleh pemimpin misterius tadi (misalnya: menggaruk tangan, memegang kepala, menepuk lutut, dll). Gerakan itu berubah-ubah setiap 30 detik. Kemudian mintalah anak yang di luar tadi masuk dan menebak siapa seorang pemimpin misterius yang ada dalam kelompok itu (saat melakukan gerakan dapat diiringi musik). Bila pemimpin misterius telah ditemukan, ulangi permainan tadi dan anak memilih lagi pemimpin misterius yang baru.
    3. Dengarkan bagaimana Tuhan Yesus juga menjadi pemimpin misterius di tengah-tengah kita. Bacalah Yohanes 1:14. Dalam permainan tadi, di antara kamu ada yang tidak tahu siapa pemimpin misterius tadi, tapi ia pasti ada di tengah-tengah kita.
      • Bagaimana caranya Tuhan ada dalam kelompok kita setiap saat?
      • Mudah atau sukarkah untuk mengetahui bahwa Tuhan itu ada/hadir? Jelaskan!
      • Bagaimana caranya engkau menemukan siapa pemimpin misterius itu?
      • Apakah cara itu dapat menolongmu untuk menemukan kehadiran Tuhan di tengah kita? Mengapa?
      • Saat kita mencari kehadiran Tuhan di tengah kita, temukan sesuatu di sekeliling kita yang dapat menunjuk kepada-Nya.
  5. Sikap Anak Tuhan
    1. Saat menyanyi ‘Tanganku Kerja Buat Tuhan’ – buatlah gerakan mencuci baju, menyapu lantai, melipat selimut, dsb.
    2. Wawancarailah anak-anak dan tanyakan gerakan apa itu? Pernahkah ia melakukannya di rumah. Doronglah anak-anak untuk selalu siap membantu di rumah.
    3. Anda bisa mengadakan penilaian, anak Tuhan yang manakah yang paling rajin (melakukan gerakan dengan sangat penuh semangat).
    4. Atau mintalah mereka berkreasi sendiri mau melakukan gerakan apa asal tidak boleh sama.
    5. Setelah selesai menyanyi nobatkan anak yang paling rajin, berilah ia gelar ‘Si Rajin Minggu Ini’ atau ‘Pangeran/Putri yang Rajin Bekerja’.
  6. Jalan serta Yesus
    1. Kata ‘suka’ dan ‘duka’ selalu dinyanyikan sambil membuat gerakan yang sesuai.
    2. Tunjuklah anak tertentu untuk melakukan gerakannya. Bagi yang tidak ditunjuk diam saja tetapi semua harus berwaspada.
    3. Katakan bahwa Tuhan Yesus adalah sahabat yang selalu menyertai kita.
  7. Angkatlah Panji-Mu
    1. Bentuk beberapa kelompok dan mintalah mereka untuk berbaris.
    2. Setiap kelompok harus ada ketuanya sebagai pembawa panji.
    3. Sediakan panji-panji (semacam bendera yang berwarna-warni) untuk setiap kelompok.
    4. Buatlah suasana seperti serombongan pasukan yang akan berpawai. Mintalah kelompok yang ditunjuk menyanyi dengan semangat sambil mengangkat panjinya. (Tunjuklah mereka dengan tongkat yang panjang, bungkuslah dengan kertas perak putih).
  8. Aku Diberkati
    1. Nyanyikan lagu yang ada kata pagi, siang, malam.
    2. Pagi hari bergaya bangun tidur
    3. Siang hari bergaya naik sepeda, main bola, dll
    4. Malam hari bergaya sedang menulis, belajar, dll
    5. Urutan hari bisa Anda ubah dan anak-anak harus bergaya sesuai kata-katanya.
    6. Untuk anak yang lebih besar, mintalah mereka berkreasi dengan membayangkan apa yang dikerjakan kakek dan nenek (usia 70 tahun) di pagi hari, siang hari dan malam hari.
    7. Kreasi ini pasti membuat anak-anak segar. Sediakan sedikit waktu untuk bertanya jawab khususnya jika ada gerakan aneh.
  9. Ajaklah anak-anak menyanyikan lagu dengan gerakan seperti menggeliat, menghirup udara segar, atau gerakan orang bangun tidur, membereskan tempat tidur, melipat selimut, dlsb. Tentu saja gunakan lagu yang cocok bertema udara segar, bangun pagi, fajar, dll.